Bata ringan terbaik selalu dicari orang. Banyak diantara mereka yang juga mencari rekomendasi merk bata ringan. Memang bukan hal yang mudah. Selain masih banyak pandangan subyektif yang tidak berdasarkan data, semua perusahaan bata ringan selalu mengklaim mereka adalah yang terbaik. Keitdaktahuan masyarakat terhadap jenis bata ringan kadang juga menyebabkan generalisasi pendapat tentang bata ringan.

Sebelum salah paham, kita harus tahu dulu jenis bata ringan. Bata ringan dibagi menjadi 2 jenis yaitu CLC dan AAC. CLC singkatan dari Cellular Lightweight Concrete dan AAC adalah singkatan dari Autoclaved Aerated Concrete. Berikut perbandingannya

Parameters CLC BlocksAAC Blocks
Bahan baku dasar Semen, fly ash, air and foam Pasir kwarsa, semen, kapur, sedikit gypsum, air, dan alumunium pasta
Proses produksi Menggunakan ribbon mixer and foam generator Diproduksi pada pabrik dengan instalasi yang baik yang memiliki boiler dan autoclave
Berat kering 600 – 800 kg/m³ 550 – 650 kg/m³
Kuat Tekan 2 – 2,5 kg/m2 3 – 4 kg/m2
Usia Mencapai kekuatan seiring dengan berjalannya waktu (seperti beton)Tidak ada perubahan kekuatan sejak keluar dari autoclave
Kelebihan Bebas Polusi
Lebih ringan dari bata merah
Tahan api & gempa
Kedap suara
Mengurangi biaya tenaga kerja dan bahan bangunan
Kelemahan Menggunakan fly ash yang termasuk limbah B3 industri
Kekuatan akan sangat dipengaruhi oleh kelembaban
Relatif lebih mahal

Dari perbandingan di atas kita tahu bahwa bata ringan AAC lebih baik daripada bata ringan CLC. Oleh karena kekuatan, keamanan dan kualitas, saya hanya akan memberi rekomendasi merk bata ringan AAC.

Di Indonesia, memang ada beberapa merk bata ringan terbaik. Jika Anda memutuskan untuk melihat dari website-website yang ada, rata-rata mereka akan menunjukkan karakter bata ringan yang telah dimiliki juga di semua merk bata ringan secara umum. Jika penulis ditanya “ada rekomendasi merk bata ringan yang oke ngga?”, ini jawaban penulis

Review 5 bata ringan terbaik di Indonesia

1. Blesscon

Hebel Blesscon sebagai merk terbaik bata ringan
Hebel Blesscon sebagai merk terbaik bata ringan

Bata ringan terbaik Blesscon adalah hebel yang paling disukai oleh distributor/toko serta pembeli. Merk ini juga sering menjadi rekomendasi merk bata ringan. Kelebihan bata ringan Blesscon yang paling disukai adalah kecepatan kirim bahkan bisa dibilang tercepat untuk saat ini. Pengiriman Blesscon hanya 1 hari itupun langsung dari pabrik. Untuk toko dengan pembeli yang membutuhkan bata ringan dalam waktu yang cepat, Blesscon adalah perusahaan yang tepat. Kecepatan ini disebabkan karena kapasitas produksi bata ringan paling besar 1 juta meter kubik per tahun sejak 2017 dari 2 pabrik di Jawa Timur! Bahkan kabarnya pada 2021 produksinya naik menjadi 2 juta kubik per tahun dengan penambahan 1 pabrik di Jawa Tengah!! Mengenai stok, jika perusahaan lain menunggu terlalu lama atau kehabisan bata, di Blesscon, pembeli akan selalu dilayani dengan cepat. Mengenai kualitas dan harga, bata ringan Blesscon tidak berbeda jauh dengan merk lain. Blesscon bahkan telah melayani pembeli dari berbagai kota di luar Jawa dengan dominasi di Indonesia Timur.


2. Bricon

Bricon adalah salah satu merk bata ringan yang bagus sejak 2018 mendapatkan penghargaan Top Brand. Bata ini lebih disukai oleh tukang karena berat. Beberapa tukang mengatakan bahwa Bricon berat hingga tenggelam dalam air. Merk Bata ringan yang bagus dan berat ini menimbulkan persepsi bata yang kokoh. Permukaan bata ringan Bricon ini paling mulus dibandingkan dengan merk lain. Sayangnya, Bricon hanya memiliki 1 pabrik di Jawa Timur. Jadi untuk pengiriman ke daerah lain, kemungkinan besar akan membuat biaya kirim mahal.


3. Citicon

Bata ringan Citicon adalah salah satu bata yang juga mendapatkan penghargaan Top Brand sejak 2018. Secara kualitas, bata ringan Citicon nampaknya masih di bawah Bricon. Banyak pembeli yang sangat menyukai merk bata ringan terbaik Citicon terkait kekuatan dan sikunya. Bata yang benar-benar siku membuat bangunan tampak lebih rapi. Walaupun beberapa kali didapati bata ringan tersebut kurang presisi. Mengenai harga, Citicon relatif paling mahal. Ketika Anda telah membelinya, Anda akan setuju bahwa harga dan kualitasnya setara. Citicon memiliki pabrik di Jawa Tengah dan Jawa Timur yang memungkinkan bata ringan Citicon didistribusikan secara merata di seluruh pulau Jawa.


4. Grand Elephant

Kecil-kecil cabe rawit layak disandang Grand Elephant. Sebagai salah satu pabrik bata ringan terbaik yang hanya memiliki 1 pabrik di Jawa Timur, distribusi Grand Elephant merata ke seluruh Indonesia. Yang spesial di Grand Elephant, bata ringan Grand Elephant memilki 2 jenis kualitas untuk ukuran dan ketebalan yang sama. Mereka menyebutnya dengan GE AAC-4 dengan kuat tekan yang sama dengan rata-rata merk lain dan GE AAC-6 yang kuat tekannya 80% lebih kuat dari versi 4. Bentuk bata ringan GE pun bermacam-macam. Ada bata ringan normal, semi jumbo (dengan tinggi 2x lipat dari normal), jumbo (dengan tinggi 3x lipat dari normal), bata ringan blok U, dan bata ringan blok O. Biasanya, bentuk bata yang selain ukuran normal hanya digunakan untuk keperluan industri atau proyek besar.


5. Focon

Focon memiliki pabrik yang sama dengan Citicon, Jawa Timur dan Jawa Tengah. Dengan 2 pabrik ini, Focon dapat menjangkau seluruh wilayah di Pulau Jawa. Jika Anda mencari harga terbaik, Focon biasanya memberikan harga terendah dibandingkan merk-merk lain. Mengenai kualitas bata ringan Focon juga rata-rata bata ringan.

Demikian rekomendasi merk bata ringan yang bagus. Ketika Anda mencari bata ringan terbaik, pastikan Anda telah mengetahui barang yang Anda inginkan dengan baik. Baik dilihat dari segi kualitas dan kuantitasnya. Selalu beli bata yang diproduksi oleh pabrik besar karena produksinya konsisten dan kualitasnya dapat dipertanggunjawabkan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *